Home » , , , » Fungsi Penting Kemasan Produk untuk Naikan Omset Penjualan

Fungsi Penting Kemasan Produk untuk Naikan Omset Penjualan

Branding adalah cara kita untuk memperkenalkan suatu produk atau objek tertentu kepada orang lain. Branding juga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diketahui oleh calon konsumen jika memang ingin produknya membanjiri pasar. Oleh karenanya Branding dan Packaging tidak bisa dipisahkan sebab erat kaitannya. Jika Anda telah memiliki produk sementara belum memiliki desain untuk kemasan produk Anda, sekarang saatnya mempersiapkan pembuatan kemasan untuk produk tersebut.
fungsi kemasan produk
Ilustrasi Fungsi Kemasan Produk

Banyak sedikitnya penjualan suatu produk dipengaruhi juga oleh menarik tidaknya kemasan yang menempel di produk itu. Nah, jika begitu sudahkah Anda membuat desain untuk mengemas produk terbaiknya? Mungkin ada yang sudah membuatnya, tapi apakah sudah yakin dengan desain itu?

Tidak sedikit pelaku usaha yang hanya fokus pada kualitas dari produknya semata untuk menghasilkan penjualan besar-besaran. Padahal ada beberapa faktor pendukung lainnya saling berkaitan satu sama lain seperti pemasaran, promosi produk, dan tak kalah penting yakni kemasan produk. Jadi, belum tentu juga jika produk dengan kualitas yang bagus maka akan banyak peminatnya, kecuali bila konsumen tersebut benar-benar membutuhkannya. Baiknya pikirkan kembali untuk meninjau ulang betapa pentingnya packaging/pengemasan suatu produk bagi kelangsungan perusahaan Anda.

Dibawah ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan sebuah kemasan produk, seperti fungsi, manfaat, serta strategi marketing.

Fungsi

Tujuan atau fungsi utama dari adanya kemasan produk adalah, untuk melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak. Selain itu juga kemasan produk tidak hanya difungsikan pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke beberapa distributor, tapi kemasan produk juga bisa melindungi produk ketika berada di toko-toko retail.

Baca juga:

Daya Tarik

Umumnya banyak perusahaan melakukan sebuah riset terlebih dahulu tentang skema warna, desain, maupun jenis pada sebuah kemasan produk yang akan dipasarkannya. Hal ini dilakukan agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas lagi. Jika Anda ingin produk yang Anda jual banyak peminatnya, maka Anda bisa menyiapkan desain packaging yang tepat untuk produk Anda. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu yang membuat produk tersebut bisa laku adalah kemasan produk yang bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan.

Promosi

Sebuah kemasan produk juga berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan. Semuanya bisa dicantumkan pada desain kemasan agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk tersebut, yang terpenting janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat konsumen menjadi jenuh melihanya.

Mendukung keputusan Berbelanja

Anda sebagai pemilik produk bebas mencantumkan informasi apapun yang nantinya bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan membeli produk Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan seluruh informasi yang Anda miliki.

Faktor Pembeda

Kemasan juga bisa dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, rasa bisa dikatakan hampir sama, namun karena kemasannya berbeda bisa jadi konsumen akan lebih cenderung memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik menurutnya.
Thanks for reading Fungsi Penting Kemasan Produk untuk Naikan Omset Penjualan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar

Info Kemasan